PERENCANAAN ULANG RUAS JALAN RAYA RUTENG DENGAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU RIGID PAVEMENT KABUPATEN MANGGARAI, NTT

Penulis

  • Claudius L . B Caling Universitas Widya Kartika, Surabaya
  • Muhammad Shofwan Donny Cahyono Universitas Widya Kartika, Surabaya

Kata Kunci:

Pengumpulan, Analisis, Perencanaan

Abstrak

Dalam penelitian kali ini mengambil lokasi penelitian di daerah asal penulis yaitu di Ruteng, Flores NTT,
tepatnya di jalan. Raya Ruteng, jalur Ruteng- Labuan Bajo. Latar belakang penulis menggambil di jalur ini
karena jalur ini seing dilewati kendaraan berat dan jga overload, juga kondisi drainase yang kurang baik.
Tujuannya adalah mencoba merencanakan kembali dari perkerasan lentur menjadi perkerasan kaku (rigid
pavement). Bersarkan rumus yang ada LHR harian dari hasil survei menggunakan data jam puncak yaitu
pada hari kamis jam 16.00-19.00. Kemudian dilihat nilai DS hingga tahun 2040 masih dibawah kari 0.75.
Data hujan diperoleh nilai intensitas hujan 8536.3. Selanjutnya ditentukan dimensi drainase. LHR pada
jam puncak lalu dicari rencana tebal perkerasan kaku nya dan diperoleh hasil tebal rencana adalah 200 mm.
Dari seluruh rangkaian ini dihitung pula RAB berdasarkan HSPK kabupaten Manggarai tahun 2019, dan
diperoleh nilai Rp.3,070,000,000.00.

Diterbitkan

2020-08-29