• SNITER 2019
    Vol 1 No 1 (2019)

    Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) yang diselenggarakan di Universitas Widya Kartika Surabaya pada tanggal 14 September 2019 . Seminar yang mengusung tema “Pengembangan IPTEK, Seni, Budaya, dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0” merupakan salah satu wujud komitmen dan kepedulian Universitas Widya Kartika dalam mendukung penerapan riset di Indonesia terutama riset yang berbasis teknologi, bahasa dan ekonomi.

    Dari seminar ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran penting bagi para pendidik yaitu guru dan dosen serta para peneliti dan pemerhati di bidang riset-riset berbasis teknologi, bahasa dan ekonomi untuk dapat menyesuaikan dan memperbarui pengetahuan dan mengembangkan riset yang telah dikerjakan sebelumnya.

     

  • SNITER 2017
    Vol 1 No 1 (2017)

    Sains terutama yang berhubungan dengan riset terapan senantiasa mengalami perkembangan. Saat ini, dunia berada pada era yang dikatakan sebagai era pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan banyaknya riset-riset yang telah dilakukan peneliti di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat pada penemuan-penemuan di bidang sains dan teknologi yang berasal dari riset-riset yang telah dikerjakan dan dikembangkan. Berbagai inovasi dan kemajuan pada berbagai bidang seperti industri, farmasi, informasi, telekomunikasi, teknologi di bidang antariksa, teknologi robot, serta kemajuan bioteknologi dan biologi molekuler. Hal ini menjadi bukti pengaruh kemajuan di era pengetahuan dalam bidang sains dan teknologi.
    Perkembangan dan kemajuan di berbagai bidang tersebut, menjadikan hampir setiap bangsa di dunia berpacu untuk mengembangkan setiap riset pada bidang keunggulan masing-masing. Hal ini sedang terjadi pada tiap-tiap negera di semua belahan dunia karena pada dasarnya, ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman saat ini yang disebut sebagai era globalisasi,merupakan salah satu indikator kemajuan bangsa dalam menghadapi persaingan global. Riset-riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai peneliti, sangat penting diketahui oleh para pendidik yaitu guru atau dosen serta peneliti lain dan pemerhati bidang tersebut agar dapat menyesuaikan dan selalu meng-upgrade pengetahuan yang dimilikinya. Harapannya, dengan mengikuti perkembangan isu terkini di bidangnya, dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia.
    Berdasarkan latar belakang tersebut, Universitas Widya Kartika merespon tujuan tersebut sehingga menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) pada tanggal 24 Agustus 2017. Hal ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen Universitas Widya Kartika dalam mendukung peningkatan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia

  • Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2020
    Vol 4 No 1 (2020)

    Seperti yang telah diketahui bahwa pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi pandemi di seluruh dunia. Pada tanggal 31 Desember 2019, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa adanya kasus pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Wuhan Provindi Hubei, China. Kasus ini akhirnya berkembang terus membuat para peneliti menemukan bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus. Penyakit ini terus berkembang sehingga terjadi laporan kematian besar-besaran. Oleh karena itum akhirnya WHO menetapkan COVID19 sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD)/Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Kemudian pada tanggal 12 Februari 2020, WHO secara resmi menetapkan penyakit coronavirus pada manusia ini dengan sebutan Coronavirus Disease (COVID-19).
    Sebagai bagian dari upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi hal tersebut maka penting bagi Indonesia untuk menyusun pedoman kesiapsiagaan dalam menghadapi COVID-19. Pedoman ini sangat didasarkan pada penelitian atau research yang dilakukan oleh peneliti, dosen atau guru. Oleh karena itu, riset merupakan salah satu pendukung hal tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, Universitas Widya Kartika merespon tujuan tersebut sehingga menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) yang ke-4 pada tanggal 24 Agustus 2020. Hal ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen Universitas Widya Kartika dalam mendukung peran pemerintah dalam riset-riset yang membantu masyrakat di tengah pandemi COVID-19 ini. Selain itu, diharapkan seminar ini akan meningkatan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia.

  • SNITER 2018
    Vol 1 No 1 (2018)