EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CONFERENCE

Penulis

  • Nattaya Emeralda Ekawardhana Universitas Widya Kartika, Surabaya

Kata Kunci:

efektivitas pembelajaran, Media, video conference

Abstrak

Pembelajaran menggunakan bantuan teknologi melalui aplikasi bisa disebut e-learning. Salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkannya adalah Universitas Widya Kartika Surabaya. Menurut penulis, penggunaan media video conference seharusnya dapat membantu para mahasiswa dalam belajar dan meningkatkan minat mahasiswa dalam belajar bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media video conference dalam mata kuliah Bahasa Tionghoa Dasar 2 di Universitas Widya Kartika. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah mixed-method. Subjek penelitian ini adalah 21 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa mandarin yang mengikuti mata kuliah Bahasa Tionghoa Dasar 2. Penulis mengajar mata kuliah Bahasa Tionghoa Dasar 2 terlebih dahulu, setelah itu memberikan post-test per pertemuan, serta mengisi tabel observasi dan membagikan kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dikarenakan persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar mahasiswa 90%, persentase rata-rata keaktifan mahasiswa 72%, dan pada kuesioner terdapat lebih banyak respon positif, maka penggunaan media video conference pada mata kuliah Bahasa Tionghoa Dasar 2 adalah Sangat Efektif.

Diterbitkan

2020-08-29