ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERUSAHAAN AGENSI PROPERTI
Kata Kunci:
Technology Acceptance Model, Agensi Properti, Teknologi InformasiAbstrak
Penggunaan teknologi informasi yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses bisinis di sebuah perusahaan agensi properti, melibatkan juga para agen penjual di dalamnya yang sebelumnya bekerja tanpa dukungan dari kehadiran teknologi informasi. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh pada penerimaan atas teknologi informasi tersebut pada perusahaan agensi properti dengan menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Faktor-faktor tersebut meliputi persepsi kemudahan dalam penggunaan, persepsi manfaat, sikap dalam penggunaan, minat penggunaan dan penggunaan sistem yang sebenarnya. Data diambil dari 126 orang agen penjual melalui kuisioner online. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa persepsi atas kemudahan dalam penggunaan teknologi yang ada berpengaruh terhadap persepsi manfaat dan sikap dalam penggunaannya, dan persepsi manfaat berpengaruh pada sikap dalam penggunaan suatu teknologi dan minat seseorang untuk menggunakannya. Sementara sikap dalam penggunaan juga memiliki pengaruh terhadap minat seseorang untuk menggunakan teknologi informasi dan minat ini juga mempengaruhi bagaimana penggunan teknologi informasi itu yang sebenarnya.