ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI APLIKASI TIKTOK (TIKTOK SHOP) DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Stefanus Nugroho Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.577

Keywords:

Perilaku Konsumen, Harga, Promosi, Saluran Distribusi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perilaku konsumen dan karakteristik yang membantu dan menghambat pelanggan ketika menyelesaikan pembelian online di Surabaya menggunakan aplikasi Tiktok Shop. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sepuluh informan dengan menggunakan prosedur wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa ditemukan adanya 2 faktor pendukung dan 1 faktor penghambat yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk membeli melalui aplikasi Tiktok (Tiktok Shop) yaitu faktor pendukungnya seperti faktor harga dan faktor promosi, sedangkan faktor penghambatnya seperti faktor saluran distribusi.

Published

2023-11-23