STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH KERTAS THERMAL MERK THERMAROLL DIBANDINGKAN TELSTRUKFAX DI SURABAYA
Keywords:
Kertas Thermal, Thermaroll, Telstrukfax, Perilaku KonsumenAbstract
Persaingan yang ketat dalam pemasaran kertas thermal terjadi antara merk Thermaroll dan Telstrukfax. Kertas thermal merk Thermaroll dan Telstrukfax ini sama – sama di produksi oleh Pt. Dwi Indah. Dari segi harga jual Telstrukfax ini lebih murah tetapi penjualannya di bawah Thermaroll yang harga jualnya lebih mahal , tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap pemilihan kertas thermal merk Thermaroll dibandingkan Telstrukfax serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Fokus wawancara untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memilih kertas thermal merk Thermaroll dan Telstrukfax. Teknik analisis data yang digunakan open coding, axial coding, dan selective coding. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan sebagian besar responden lebih memilih kertas thermal merk Thermaroll dibandingkan Telstrukfax dilihat dari kemampuan hasil cetak, kemampuan hasil cetakan untuk di scan barcode, ketahanan hasil cetak setelah di print , dari kemasannya, dari panjang kertasnya. Responden yang memilih kertas thermal merk Telstrukfax dibandingkan Thermaroll hanya berdasarkan kepraktisan saja. Berdasarkan analisis perilaku konsumen ukuran yang kebanyakan dibeli konsumen uk 80x80, konsumen membeli kertas thermal dari pada struk hvs karena lebih cepat dan hemat biaya, konsumen membeli kertas thermal sebelum mereka kehabisan, penggunaan kertas thermal pun beragam ada untuk nota kasir, grafik medis, mesin antrian , dan kertas parkiran.Tempat membelinya kebanyakan dari distributor.