STUDI TREN MODE DALAM SERAGAM KERJA WANITA DI SURABAYA
(Studi Kasus Desain Produk Pada Konsumen Toko House Of Blazer Surabaya)
Keywords:
perilaku konsumen, seragam kerja wanita, desain produk, tren modeAbstract
Seiring berjalannya waktu dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju, telah membawa manusia kearah globalisasi. Globalisasi membawa pengaruh yang sangat besar dalam pertukaran informasi, tidak terkecuali dalam mode busana kerja wanita. Mode busana seragam kerja wanita berubah dari tahun ke tahun oleh karena itu perusahaan yang memproduksi dan menjual seragam kerja wanita harus mengetahui seperti apa tren mode saat ini. House of Blazer merupakan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan seragam kerja wanita merek sendiri. Untuk memenangkan persaingan, maka House of Blazer harus mampu menganalisis apa yang menjadi keinginan dari konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam memilih desain produk dari seragam kerja wanita dan bagaimana tren mode seragam kerja wanita di Surabaya saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan narasumber yang merupakan konsumen dari toko pusat House of Blazer yang terletak di DTC Mall Wonokromo. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perilaku konsumen dalam memilih desain produk busana kerja wanita didasari oleh bentuk yang menonjolkan keformalan sesuai dengan etika umum, memiliki fitur yang membantu mobilitas dan memberikan kenyamanan, produk yang tanpa cacat dan memuaskan kebutuhan, kelas sosial masyarakat, kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan produk atau jasa, lingkungan sekitar dan budaya luar. Selain itu tren mode seragam kerja wanita saat ini adalah seragam kerja wanita dengan kombinasi dan variasi warna antara atasan dan bawahan, model slim-fit yang pas dibadan, seragam kerja dengan kombinasi batik, seragam dengan pilihan warna yang cerah seperti biru, merah, dan kuning, serta seragam dengan tambahan fitur seperti scarf atau pita.