STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH TABUNGAN BERJANGKA PADA BANK PRIMA MASTER SURABAYA
Keywords:
Perilaku Konsumen, Tabungan BerjangkaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih tabungan berjangka pada Bank Prima Master Surabaya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 10 nasabah Bank Prima Master yang memiliki rekening tabungan berjangka dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, serta observasi dan dokumentasi yang diolah menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih tabungan berjangka pada Prima Master Bank Surabaya adalah kepuasan pelayanan, kepercayaan, suku bunga, hadiah dan cash-back, serta pembebasan biaya administrasi. Aspek-aspek tersebut diketahui dapat mempengaruhi bagaimana responden bertindak, berpikir, dan memutuskan bagaimana berperilaku dalam memilih tabungan berjangka pada Bank Prima Master Surabaya.