STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LIPSTIK PURBASARI SEBAGAI KOSMETIK HALAL DI SURABAYA

Penulis

  • Marchieni Dwi Triana Esti Universitas Widya Kartika, Surabaya
  • Martinus Rukismono Universitas Widya Kartika, Surabaya

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Produk Halal, Lipstik Purbasari, Seminar Sniter

Abstrak

Peningkatan pendapatan di negara-negara mayoritas muslim dan pertumbuhan penduduk muslim dunia yang menunjukkan tren positif telah membawa peningkatan yang signifikan terhadap permintaan produk halal secara global. Peningkatan pengguna kosmetik tersebut diikuti dengan pilihan produk yang semakin banyak. Jika sebelumnya pasar produk halal dianggap terbatas dan kurang menguntungkan, saat ini produk halal telah mampu menjadi primadona yang digunakan beberapa negara untuk meningkatkan devisa. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) bagaimana perilaku konsumen produk lipstik Purbasari sebagai kosmetik halal di Surabayadan (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kosumen dalam membeli produk lipstik Purbasari sebagai kosmetik halal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen muslim produk lipstik Purbasari di Surabaya, dengan 10 narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah open coding. Kesimpulan dari hasil penelitian ditemukan variabel utama dalam menentukan keputusan pembelian lipstik Purbasari adalah persepsi konsumen, harga, kualitas produk, rekomendasi dari orang terdekat, dan sertifikasi halal.

Diterbitkan

2020-08-29