WOMEN’S IMAGE REPRESENTED ON DOLCE & GABBANA ADVERTISEMENT

Authors

  • Chendy Cynthiana Sari Universitas Widya Kartika, Surabaya
  • Eka Fadilah Universitas Widya Kartika, Surabaya

Keywords:

Periklanan, Makna Simbolik, Semiotika

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk informasi yang menyampaikan pesan suatu produk atau jasa. Informasi iniditujukanuntuk umum. Lebih jauhlagi, iklandapat mempengaruhikeinginandanpikiranorang tentang produk atau layanan yang kemudian membujuk mereka untuk menjadi konsumen. Studi penelitian ini menggunakan dua iklan yaitu IklanDolce & Gabbana diMajalahElle edisiMei 2020. Kedua iklantersebut adalahDolce & Gabbana Millenialskin On-The-Glow Tinted Moisturizer dan Dolce & Gabbana Passioneyes Intense Volume Mascara. Kedua produk ini memiliki banyak makna simbolis. Melalui analisis penelitian ini, tanda-tanda visual dan frasa verbal berpengaruh membangun representasi makna simbolik. Dalam memahami makna, peneliti menggunakan teori semiotik dari Ferdinand de Saussure dan Rolland Barthes, serta struktur iklan menurut teori Leech. Teori-teori tersebut digunakan untuk mengetahui makna simbol yang terkandung dalam iklan dan bagaimana merepresentasikan citra perempuan.

Downloads

Published

2020-08-29