RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYA

Penulis

  • Bimantara Majid Universitas Widya Kartika, Surabaya
  • Yulius Hari Universitas Widya Kartika, Surabaya
  • Robby Kurniawan Budhi Universitas Widya Kartika, Surabaya

Kata Kunci:

sistem informasi manajemen, simlitabmas, penelitian, pengabdian masyarakat

Abstrak

Pada dasarnya tiap perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, dibentuklah LPPM sebagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Secara umum terdapat 2 sumber pendanaan bagi LPPM, yaitu berasal dari pemerintah dan dari pihak perguruan tinggi itu sendiri (pendanaan internal). Adapun sistem informasi yang menaungi LPPM di tingkat nasional dikenal sebagai SIMLITABMAS (Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dimana sumber pendanaannya berasal dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan LPPM dengan sumber pendanaan internal pada Universitas Widya Kartika Surabaya masih belum memiliki sistem informasi yang terintegrasi dengan baik. Akibatnya data penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan dengan pendanaan internal kurang terdokumentasi dengan baik, sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi layaknya SIMLITABMAS yang dapat memudahkan para dosen dalam proses manajemen kegiatan penelitian dan pengabdian tingkat universitas. Sistem ini dibuat berbasis web dengan menggunakan pendekatan SDLC. Sistem ini diharapkan dapat menunjang penelitian dan pengabdian dosen tingkat universitas dan memudahkan pekerjaan anggota pengurus LPPM dalam mengelola data secara efektif dan efisien dan saling terintegrasi dengan baik. Sistem informasi yang dibangun juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yaitu memanajemen kegiatan penelitian dan pengabdian tingkat universitas mulai dari pengajuan proposal, monitoring usulan hingga hasil akhir, lalu pendataan luaran publikasi baik internal maupun eksternal dapat terdokumentasi dengan baik yang dilakukan secara online serta dapat menunjang laporan kinerja setiap dosen.

Diterbitkan

2020-08-29