KEPUASAN PELANGGAN XO TOUR AND TRAVEL DI SURABAYA

Penulis

  • Gandhi Gautama Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Tour and travel, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Abstrak

Di era yang modern ini bisnis tour and travel di Indonesia menjadi sangat pesat karena atusiasme wisatawan lokal maupun turis yang ingin berlibur secara efisien. Xo Tour and Travel merupakan salah satu jasa pelayanan bisnis tour and travel, bisnis ini di minati oleh hampir semua kalangan dan mulai berkembang pesat, tetapi seiring berjalannya waktu bisnis ini mengalami pengurangan karena pelayanan dan fasilitas yang diberikan XO Tour and Travel kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan pengguna jasa Xo Tour & Travel dan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan XO Tour & Travel apakah berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik analisis data, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen yang terdiri dari tingkat loyalitas dan pengulangan pembelian, tingkat keluhan pelanggan dan tingkat rekomendasi menujukan banyak respon positif dari pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29