PERSEPSI MASYARAKAT SURABAYA DALAM PENGGUNAAN E-WALLET DANA

Penulis

  • Maria Yuliana Elisabeth Tandany Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Persepsi, Masyarakat, E-wallet, Dana

Abstrak

Persepsi Masyarakat Surabaya dalam Penggunaan E-wallet Dana. Pesepsi seseorang adalah proses pemilihan, menginterprestasikan informasi atau suatu objek yang diterima melaui penglihatan, perasa, pendengaran, penciuman, dan sentuhan yang dapat memberikan perbedaan sudut pandang dalam penginderaan baik persepsi yang positif maupun persepsi negatif yang akan mempengaruhi tindakan manusia yang tampak atau nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana persepsi masyarakat Surabaya dalam penggunaan E-wallet Dana di era modern saat ini dengan adanya banyak persaingan dari platform dompet digital yang terus berkembang. Jumlah narasumber yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 narasumber dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif. Pada hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi masyarakat Surabaya tiap individu terbentuk dari adanya faktor kebutuhan, faktor usia, dan juga faktor gaya hidup. Terbentuknya faktor kebutuhan didasari adanya tindakan otomatis dari e-wallet yang mudah sehingga terdapat faktor usia yang membantu orang tua dalam melakukan kebutuhannya. Terbentuk faktor gaya hidup didasari pada pola hidup seseorang pada era modern saat yang serba mudah dibantu oleh teknologi yang semakin meningkat. Sehingga pada akhirnya meningkatkan kepercayaan masyarakat atas sistem keamanan yang diberikan oleh Dana dan memberikan adanya kesetiaan dan loyalitas dari pengguna kepada pihak E-wallet Dana.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29