STRATEGI SMP LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN KEBIJAKAN PPDB
Kata Kunci:
Manajemen Strategi, Manajemen Sekolah, Perubahan Kebjakan PPDB, Sistem ZonasiAbstrak
Adanya sistem zonasi pada SMP Negeri membuat SMP Swasta mengalami jumlah penurunan penerimaan peserta didik baru. Begitu juga dengan SMP Labschool Unesa 1 Surabaya mengalami penurunan jumlah siswa, namun pada beberapa tahun ini sekolah mengalami kenaikan jumlah siswa meskipun jumlahnya tidak sebanding dengan penurunan sebelumnya. Peneliti bermaksud untuk menganalisis strategi sekolah dengan membuat rumusan masalah yaitu “Bagaimana Bentuk dan Penerapan strategi sekolah dalam upaya meningkatkan penerimaan peserta didik baru? Kemudian apa dampak dari penerapan strategi sekolah terhadap upaya meningkatkan penerimaan peserta didik baru?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bentuk dan penerapan strategi sekolah, serta dampak yang terjadi setelah melakukan strategi sekolah yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sehingga peneliti dapat menggali makna dari fenomena ketimpangan yang terlihat dan memperoleh data yang konkrit, detail, dan transparan. Informan dalam penelitian ini yaitu satu kepala sekolah, satu guru staff sekolah, tiga wali murid dan lima siswa-siswi, yang mana seluruh informan tersebut adalah informan yang (berapa lupa) . Data yang diperoleh dari wawancara kemudian diolah melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah SMP Labschool Unesa 1 Surabaya menggunakan dua strategi yaitu strategi promosi dan strategi branding sekolah, strategi ini ternyata efektif bagi keberlangsungan proses PPDB. Adapun dampak yang dirasakan yaitu skolah mengalami peningkatan jumlah siswa meskipun jumlah kenaikan tidak sebanding dengan jumlah penurunan yang terjadi dan sekolah menjadi dikenal lebih luas oleh masyarakat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Ilmu Terapan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.