PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJU ANAK-ANAK DI PLATFORM SHOPEE

Penulis

  • Agustin Tanjaya Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, E-Commerce, Keputusan Pembelian Online

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk meringkas dari masalah ini, meganalisa perilaku belanja konsumen di Internet dalam keputusan pembelian dan meneliti konteks berdasarkan faktor-faktor terpilih yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen di Internet. E-commerce adalah perdagangan elektronik yang berkaitan dengan aktivitas pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan jaringan komunikasi internet sebagai bentuk perdagangan masa depan. Pengambilan keputusan pembeli, umumnya dilakukan konsumen setelah melakukan evaluasi terhadap banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan pada dirinya.
Pada bagian artikel ini berfokus pada dasar keputusan pembelian konsumen yang terjadi adanya faktor eksternal dan internal konsumen ada pada dirinya. Faktor internal misalnya motivasi secara fisiologis untuk memenuhi kebutuhannya. Disamping itu, pembelajaran, kepribadian, sikap, dan pengalaman pribadi melalui pemikiran dan rasa telah dilalui konsumen menjadi pertimbangan psikologs bagi konsumen. Faktor eksternal meliputi informasi pemasaran dan lingkungan sosial budaya misalnya adalah pandangan religiusnnya. Bagian penelitian ini terdiri dari metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan wawancara secara mendalam dan observasi.
Pertanyaan difokuskan pada pendapat subjektif responden Ibu yang berbelanja online dan memiliki anak balita hingga anak usia 10 tahun. Materi wawancara meliputi: pembelian baju di platform shopee, keputusan pembelian, seberapa sering membeli baju di online, apakah puas dengan berbelanja online di shopee. Berdasarkan hasil bagian terakhir artikel ini menguraikan proposal menunjukkan 4 narasumber sangat puas, 5 kurang puas, 1 tidak puas dan kebutuhan untuk memasukkan aktivitas online dalam keseharian menjangkau pengguna yang lebih luas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29