PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOYOTA KIJANG INNOVA DIESEL REBORN DI SURABAYA

Penulis

  • Daniel Onesimus Listiono Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Era globalisasi sekarang ini mengalami perkembangan begitu pesat dari teknologi, kesehatan hingga otomotif. Trend otomotif yang terdapat di Indonesia dapat terlihat perkembangan yang begitu besar semua aspek dituntut agar menghadapi Perubahan yang begitu cepat supaya mampu menyelesaikan pekerjaan meskipun berada pada lokasi yang jauh. Supaya lokasi yang jauh dapat dijangkau dengan cepat maka setiap manusia perlu alat transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Toyota Kijang Innova Diesel Reborn di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan data diguknakan adalah data primer kuisioner. Populasi merupakan konsumen yang memiliki kendaraan Kijang innova diesel reborn di Surabaya selama masa penelitian, dengan sampel yang digunakan adalah sebesar 97 responden kemudian data analisis dengan olah data SPSS.Hasilnya, diketahui adalah 1) Citra Merek mempengaruhi keputusan pembelian secara positif. Hal ini dapat dikatakan upaya perusahaan Toyota dalam membangun citra merek dapat dikatakan berhasil dikarenakan berhasil menciptakan emotional relationship. Hal ini menunjukan bahwa hubungan emotional yang kuat mampu mendorong konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. 2) Kualitas Produk mempengaruhi terhadap keputusan pembelian secara postif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa serviceability (kecepatan, kemudahan dan akses) merupakan indikator kualitas produk yang paling dirasakan oleh konsumen. Faktor ini sangat penting dan mendukung bagi konsumen, maka dari itu pihak Toyota memikirkan hal ini dengan membangun banyaknya showroom mobil beserta dengan layanan service yang berada di berbagai wilayah tersebar di seluruh indonesia dengan begitu harga dan barang yang ditawarkan kepada konsumen begitu murah dan cepat

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29