PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KELEBIHAN DAN KELEMAHAN INDRIVER DALAM KONTEKS PERSAINGAN TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA SURABAYA

Penulis

  • Michael Stefanus Darjanto Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

persepsi pengguna, transportasi online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna aplikasi InDriver dan kelebihan beserta kekurangannya terhadap persaingan transportasi online di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer yang digunakan adalah wawancara kepada tujuh orang pengguna InDriver di Surabaya, penentuan informan ditentukan dengan simple random sampling. Data yang diambil diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi, dan interpretasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dua hasil penelitian. Pertama, bahwa persepsi pengguna aplikasi InDriver di Kota Surabaya cenderung positif karena fitur tawar-menawar harga, pilihan driver, dan jenis kendaraan yang memberikan fleksibilitas lebih dibandingkan layanan transportasi online lainnya. Pengguna mengapresiasi harga yang lebih ekonomis dan nilai tambah dari fitur tawar-menawar. Namun ada kekurangan seperti tidak adanya metode pembayaran non-tunai dan masalah pembatalan order oleh driver menyebabkan ketidaknyamanan yang dirasakan pengguna. Kedua, kelebihan utama InDriver adalah fitur tawar-menawar harga yang memungkinkan pengguna untuk bernegosiasi dan memilih driver serta jenis kendaraan, memberikan fleksibilitas, kontrol, dan manfaat ekonomi yang lebih besar. Kemampuan memilih driver berdasarkan rating dan jenis kendaraan juga meningkatkan rasa percaya pengguna. Namun, ada kekurangan seperti tidak adanya metode pembayaran non-tunai, ketidakakuratan peta atau navigasi, dan sikap driver yang kurang ramah dan profesional. Kekurangan ini membuat InDriver kurang kompetitif dibandingkan layanan transportasi online lainnya

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29