Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Electronic Word of Mouth Pelanggan Gojek di Kota Surabaya yang dimediasi Consumer Engagement
Kata Kunci:
Social Media, Marketing, Electronic Word Of Mouth, Consumer EngagementAbstrak
Semakin pesat perkembangnya era digital dari waktu ke waktu didukung juga dengan kehadiran teknologi yang kian canggih meningkatkan mobilitas penggunaan social media termasuk dalam bidang jasa transporasi online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap electronic word of mouth konsumen Gojek di Surabaya yang dimediasi consumer engagement. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kelurahan Bulak yang berjumlahkan 21,529 penduduk. Sedangkan, sampelnya yaitu penduduk Kelurahan Bulak yang berjumlahkan 21,529 penduduk, yang sudah pernah menggunakan layanan jasa transportasi gojek. Adapun variable penelitian terdiri dari variabel independen: social media marketing (X), variabel dependen: electronic word of mouth (Y) dan variable mediator: consumer engagement (Z). Teknik analisis data menggunakan teknik statistical multivariate. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan terhadap electronic word of mouth pelanggan Gojek pada kelurahan Bulak di Kota Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi social media marketing maka semakin tinggi pula electronic word of mouth konsumen. Consumer engagement memediasi pengaruh social media marketing terhadap electronic word of mouth pelanggan Gojek pada Kelurahan Bulak di Kota Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi social media marketing maka semakin tinggi pula electronic word of mouth konsumen melalui consumer engagement.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Ilmu Terapan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.