PERAN ENDORSER DALAM PERILAKU KONSUMEN TOKOPEDIA DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.591Kata Kunci:
Peran Endorse, Perilaku KonsumenAbstrak
Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui peran endorser dalam perilaku konsumen Tokopedia di Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap konsumen terhadap Tokopedia setelah menggunakan BTS menjadi Brand Ambassador Tokopedia? dan bagaimana BTS membentuk perilaku konsumen Tokopedia di Surabaya? Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil jumlah 10 orang sebagai narasumber, teknik pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kali ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya peran yang penting dari endorser, selain itu hasil dari penelitian ini juga menemukan bahwa ada 3 faktor berasal dari narasumber dan BTS yang membuat konsumen memutuskan untuk membeli di Tokopedia yaitu faktor fisik dan kepribadian BTS, faktor personal narasumber, dan faktor sosial budaya.