PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEKOLAH MUSIK DI INDONESIA: STUDI DARI KURSUS MUSIK CRESCENDO JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.570Kata Kunci:
Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Kepribadian Merek, Loyalitas Merek, Kursus MusikAbstrak
Penelitian ini menganalisis hubungan antarvariabel antara kesadaran merek, persepsi kualitas, dan brand personality terhadap loyalitas konsumen. Objek penelitian ini adalah Crescendo Music Course Jombang. Penelitian ini memiliki 90 murid sebagai populasi dan sampel observasi. Hasil penelitian H1 menunjukkan tidak adanya pengaruh antara variabel kesadaran merek terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian H2 menunjukkan adanya pengaruh variabel persepsi kualitas terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian H3 menunjukkan adanya pengaruh variabel brand personality terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian H4 menunjukkan adanya pengaruh variabel independen kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), dan kepribadian merek (X3) bersama-sama terhadap variabel dependen loyalitas konsumen (Y).