IMPLEMENTASI MODUL PENYUSUNAN JADWAL PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN SOFTWARE MICROSOFT PROJECT KEPADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 2 SURABAYA

Penulis

  • Puguh Novi Prasetyono Universitas Negeri Surabaya
  • Feriza Nadiar Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Dani Universitas Negeri Surabaya
  • Anggi Rahmad Zulfikar Universitas Negeri Surabaya
  • Arik Triarso Universitas Negeri Surabaya
  • Berkat Cipta Zega Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.559

Kata Kunci:

Pelatihan, Jadwal Proyek, Microsoft Project

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan implementasi modul penyusunan jadwal proyek konstruksi menggunakan software microsoft project kepada peserta didik smk negeri 2 surabaya di dasarkan pada permasalahan mitra SMK Negeri 2 Surabaya belum adanya media pembelajaran terkait penyusunan jadwal proyek konstriuksi menggunakan software microsoft project yang bisa diakses oleh peserta didik di SMK Negeri 2 Surabaya dan belum mahirnya peserta didik dalam menggunakan software microsoft project sehingga tidak bisa menggunakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi modul penyusunan jadwal proyek konstruksi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik SMK Negeri 2 Surabaya. Metode yang digunakan pelatihan secara langsung dan memberikat evaluasi pretest dan posttest. Dari hasil pretest total 40 Siswa yang faham terkait Pengusaan terhadap penyusunan jadwal berjumlah 25 siswa atau 63% dari total siswa yang ada, kemudian yang dapat menentukan durasi pada jadwal yang dibuat berjumlah 25 atau 63%, sedangkan pada tahap berikutnya untuk menentukan predecessor kegiatan yang dapat hanya 20 siswa atau 50% dari total siswa yang ada, kemudian terkait input data jadwal, waktu dan predecessor pada microsoft project terdapat 20 siswa saja yang bisa atau 50% dari peserta, dan terkait setting waktu pada microsoft project terdapat 15 siswa atau 38% dari total siswa yang ada, untuk tahap terakhir penentuan jalur kritis tidak ada mahasiswa yang dapat menentukan jalur kritis. Setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan secara langsung terkait penyusunan jadwal proyek kepada para siswa dari hasil post test di dapatkan bahwa seluruh siswa sudah mampu menguasai penyususunan jadwal proyek sampai penentuan jalur kritis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23