PENINGKATAN RUAS JALAN KOMODO DENGAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DI KABUPATEN MANGGARAI PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Penulis

  • Yuvensius Keni Bala Domi Nuhan Universitas Widya Kartika
  • Muhammad Shofwan Donny Cahyono Universitas Widya Kartika
  • Yoanita Eka Rahayu Universitas Widya Kartika
  • Leonardus Setia Budi Wibowo Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur Badan Riset dan Inovasi Nasional

Kata Kunci:

perencanaan jalan, perkerasan kaku, tebal perkerasan, perencanaan drainase

Abstrak

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian untuk meningkatkan perkerasan jalan dari perkerasan lentur
ke perkerasan kaku pada ruas Jalan Komodo Kabupaten Manggarai Propinsi Nusa Tenggara Timur.
Kondisi eksisting jalan ini sekarang masih menggunakan aspal tetapi jika dilihat secara langsung, sudah
mulai banyak terbentuk lubang – lubang kecil dan beberapa bagian jalan lapisan aspalnya mulai terkikis.
Peningkatan jalan ke perkerasan kaku dilakukan agar jalan bisa menjadi lebih kuat, awet dan kokoh.
Bahan dasar beton dan semen memberi kekuatan lebih sehingga beban berat dari kendaraan akan
dialirkan secara merata dan juga perkerasan kaku bisa lebih tahan air dibandingan aspal. Perencanaan
perkerasan kaku pada ruas Jalan Komodo ini berdasarkan Pd T 14 2003 dan juga MKJI 1997 sebagai
acuan untuk menganalisa lalu – lintas. Hasil akhir dari penelitian ini diperoleh tebal perkerasan sebesar
240 mm, tulangan memanjang d-12 dengan jarak 200 mm, tulangan melintang d-12 dengan jarak 300
mm, dowel /ruji d-36 mm dengan panjang 450 mm dan tie bar d-16 dengan panjang 700 mm. Selain itu
dalam perencanaan peningkatan ruas jalan ini direncanakan juga dengan saluran drainase dan diperoleh
perencanaan saluran drainase berbentuk persegi dengan lebar sebesar 1,4 m dan tinggi sebesar 1 m.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12