ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOPI DI KEDAI KOPI SEMANGAT SURABAYA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Evert Fernando Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Kopi, Kedai Kopi Semangat, 5w 1 H, What, When, Why, Where, How

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perilaku konsumen kopi di kedai Kopi Semangat selama masa pandemi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah kedai Kopi Semangat. Tenik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Informan penelitian terdiri dari 6 orang informan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa menu favorit yang disukai oleh konsumen antara lain: es kopi mocha. Es kopi vanilla, dan es kopi americano. Ketiga menu tersebut paling banyak disukai oleh informan penelitian. Pelanggan dari kedai Kopi Semangat meliputi: laki-laki dan perempuan, mulai dari remaja sampai orang tua dengan berbagai latar belekang pekerjaan. Teman adalah pihak yang potensial mempengaruhi perilaku konsumen (influencer). Sebagian besar pelanggan kedai Kopi Semangat mengunjungi kedai Kopi Semangat pada hari sabtu atau minggu dan sebagian besar memilih waktu malam hari. Faktor ekonomis yang mempengaruhi kunjungan ke kedai Kopi Semangat karena harga produk dan cita rasa, sedangkan faktor non ekonomis adalah keterjangkauan lokasi. Tempat di kedai Kopi Semangat dinilai tidak begitu nyaman oleh informan. Sumber informasi dari pelanggan adalah teman dan social media, dan dalam situasi covid-19 ternyata terdapat sebagian pelanggan yang tetap memilih menikmati kopi kedai Kopi Semangat di tempat dan terdapat pelanggan yang menikmatinya di rumah Besaran pengeluaran sebagian besar pelanggan untuk setiap kali kunjungan di antara Rp 25 ribu – Rp 50 ribu. Cara pembayaran yang dipilih sebagian besar pelanggan menggunakan dompet digital.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12