PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH ANAK USIA DINI DI SURABAYA TEMA : ARSITEKTUR PERILAKU

Penulis

  • Fangni Susilowati Fakultas Teknik, Program Studi Arsitektur, Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Sekolah, Anak Usia Dini, Arsitektur Perilaku

Abstrak

Pendidikan usia dini merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan pada usia emas ini. Peranan orang tua dan lingkungan keluarga dalam mengembangkan potensi anak. Anak memerlukan pendidikan yang terkontrol serta bimbingan lebih dari orang tua, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Namun pada kenyataannya orang tua sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehingga anak-anak kurang mendapatkan kasih sayang. Dilatarbelakangi oleh kesibukkan orang tua yang berdampak dalam tumbuh kembang anak, Perencanaan dan Perancangan Sekolah Anak Usia Dini menjadi bentuk solusi dari pemecahan permasalahan di atas. Sekolah anak usia dini yang mencakup jenjang Penitipan Anak, PAUD, PG, Tk. Sekolah ini sebagai wadah kegiatan proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan perilaku anak usia dini di Surabaya. Metode yang digunakan adalah observasi langung dan studi pustaka. Hasil pengelolahan data digunakan sebagai dasar dalam kegiatan perancangan dengan tema arsitektur perilaku. Konsep sekolah yang diambil dari perilaku anak yang aktif dan kreatif. Sekolah yang menitikberatkan pada perilaku anak agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengedukasi untuk anak. Jadi sekolah ini menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia dini yang menyenangkan. Tempat belajar dan bermain yang sesuai dengan perilaku dan dunia anak-anak selama orang tua mereka bekerja. Sehingga ketika orang tua bekerja anak tetap mendapatkan pendidikan serta perhatian yang terkontrol.

Diterbitkan

2019-10-21