KAJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING

Authors

  • Abed Nico Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widya Kartika
  • Yulius Hari Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widya Kartika
  • Darmanto Darmanto Fakultas Teknik Informatika, Universitas Widya Kartika

Keywords:

Technology Acceptance Model (TAM), Partial Least Square (PLS), Edmodo, Moodle, Quipper

Abstract

Technology Acceptance Model (TAM) merupakan teori penerimaan teknologi yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat enam variable yang digunakan. Keenam variable tersebut adalah kemudahan pengguna persepsian (perceived ease of use/PEOU), kegunaan persepsian (perceived usefulness/PU), sikap terhadap penggunaan teknologi (attitude towards using technology/ATU), norma subyektif (subjective norm/SN), kontrol perilaku persepsian (perceived behavior control/PBC), dan minat perilaku menggunakan teknologi (behavioral intention to use/BIUS). Model ini selanjutnya digunakan untuk meneliti edmodo, quipper, dan moodle yang merupakan teknologi e-learning yang digunakan di Widya Kartika University in Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden yang merupakan mahasiswa dan dosen Universitas Widya Kartika yang dianalisis menggunakan metode PLS dengan software smartPLS. Berdasarkan hasil analisis data (mahasiswa) koefisien variabel laten PU terhadap ATU memiliki nilai paling besar. Sedangkan hasil analisis data (dosen) koefisien variabel laten PEOU terhadap PU memiliki nilai paling besar. Jadi output penelitian yang diteliti memberikan suatu perancangan dokumentasi untuk menciptakan suatu model e-learning yang baru.

Downloads

Published

2018-10-11