LESSONS LEARNED FROM CROSS-CULTURAL LEARNING AND TEACHING
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.627Keywords:
transnasional, pendidikan tinggi, lintas budaya, pendekatan pembelajaranAbstract
Dalam beberapa tahun terakhir, trend pendidikan mengarah pada Transnational Higher Education (TNHE). TNHE dilihat sebagai peluang bagi mahasiswa untuk mengalami pendidikan lintas negara dengan berbagai pengalaman, terutama dengan kegiatan social dan budaya. Artikel ini berisi pengalaman penulis tentang proses pembelajaran dan pengajaran lintas budaya yang merupakan salah satu bagian dari TNHE. Melalui studi kasus komparatif pengalaman penulis belajar dan mengajar di beberapa negara diantaranya: Indonesia, Jerman, Filipina, dan Australia, maka dapat disimpulkan metode-metode pembelajaran yang digunakan serta peluang untuk metode pembelajaran transdisipliner. Diharapkan dari pengalaman ini dapat menjadi masukan bagi program peningkatan kompetensi perguruan tinggi di Indonesia dan bagi pelaku kepentingan pendidikan tinggi lainnya.