ANALISIS PERBANDINGAN KEEFEKTIVITASAN GURU LOKAL DAN GURU NATIVE PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS SD DI LEMBAGA BAHASA MANDARIN "X" SURABAYA MELALUI MEDIA ZOOM MEETING
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.625Keywords:
Covid-19, Analisis, Keefektivitasan, Bahasa Mandarin, Pembelajaran Daring, Zoom Meeting, Observasi, Wawancara, DokumentasiAbstract
Pandemi Covid-19 yang melanda hampir sampai ke seluruh dunia sungguh memberikan pengaruh yang besar bagi semua kalangan di dunia, dan juga merupakan krisis bagi kesehatan manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi Covid-19 juga membawa dampak yang sangat besar, seperti pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran secara online, dengan tujuan demi memutus rantai persebaran Covid-19. Pengaruh dari pandemi Covid-19 ini, membuat pemerintah menerapkan program pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara online melalui media elektronik seperti komputer, telepon seluler, dan laptop, dengan terhubungkan oleh jaringan internet, serta yang dimana pembelajaran ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Menurut pemerintah, ditengah pandemi Covid-19 ini, pembelajaran daring atau online merupakan cara maupun sebuah kunci utama pembelajaran yang dinilai paling efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perbandingan keefektivitasan guru lokal dan guru native pada pembelajaran Bahasa Mandarin siswa kelas SD di lembaga Bahasa Mandarin “X” Surabaya melalui media Zoom Meeting. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa kelas SD di Lembaga Bahasa Mandarin “X” Surabaya oleh Guru Lokal dan Guru Native. Serta data ini dikumpulkan dengan cara pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi (berupa foto capture dan hasil rekaman video) terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung melalui media Zoom Meeting.