ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ONLINE DI DALAM MATA KULIAH PERCAKAPAN (K?UY?) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.624Keywords:
kelas online, kelas offline, bahasa mandarinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perbandingan keefektifan pembelajaran Online dan Offline dalam Mata Kuliah K?uy? pada Mahasiswa angkatan 2019 Universitas Widya Kartika Surabaya, Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan maka dilakukan penyebaran kuesioner pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Widya Kartika Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada 57,1% yang beranggapan bahwa Bahasa Mandarin sangat berguna di masa mendatang. Kemudian ada 21,4% menganggap Bahasa Mandarin menarik dan memilki minat pada Bahasa Mandarin. Lain dari itu ada 21,4% yang mempelajari Bahasa Mandarin atas dorongan keluarga dan faktor eksternal lainnya. Lalu dari data yang sudah terkumpul sebanyak 78.6% memilih melakukan kelas offline, lalu 21.4% lainnya memilih kelas online. menunjukan kelas offline lebih diminati peserta di bandingkan kelas online.