PERANCANGAN PROPOSITION VALUE CANVAS (PVC) DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR WISATA PENJARINGANSARI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.601Keywords:
pasar wisata penjaringansari, pengembangan, PVC, segmenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengatasi permasalahan yang terjadi dalam Pasar Wisata Penjaringansari dengan strategi pengembangan dengan perancangan model bisnis perancangan Proposition Value Canvas (PVC). PVC membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk menentukan atau menyempurnakan apakah suatu produk atau jasa yang diciptakan sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan PVC Existing dan PVC Plan. PVC Existing menunjukan keadaan atau kondisi pasar yang ada saat ini dan juga keinginan pelanggan yang telah terpenuhi dan belum terpenuhi. PVC plan dibagi ke dalam bagian umum dan bagian khusus pelanggan, dengan beberapa customer segment seperti orang tua dan anak-anak usia 5-12 tahun, orang dewasa, profesional, pelajar/mahasiswa 13-22 tahun, serta lanjut usia dan keluarga besar lainnya. Karakteristik dari setiap segmen pelanggan berbeda-beda, contohnya orang tua dan anak-anak usia 5-12 tahun lebih memfokuskan fasilitas dan event. Bagi orang dewasa dan profesional lebih memfokuskan pada menu produk dan layanan dibandingkan fasilitas. Pelajar atau mahasiswa 13-22 tahun memfokuskan pada semua bagian, baik fasilitas, layanan, dan produk menu. Lanjut usia dan keluarga besar lainnya memerlukan prioritas produk makanan yang sehat.