STUDI PERSEPSI KONSUMEN DALAM MEMBELI ALAT MUSIK DI JOJOMUSIC STORE SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.597Keywords:
Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian, Alat MusikAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui persepsi para konsumen dalam membeli alat musik di Jojo Music Store. Apakah melihat dari segi harga, kualitas, kenyamanan saat berbelanja atau hanya menjadi perbandingan dengan toko lain. Alasan kenapa memilih lokasi penelitian di Jojo Music Store adalah karena ketersediaan data informasi, dan menjadi representasi variasi musik lokal di Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi konsumen dalam membeli alat musik di Jojo Music Store Surabaya. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil 10 orang sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 2 persepsi yang terbentuk di antara konsumen dalam membeli alat musik di Jojo Music Store yaitu dari stimuli yang diberikan oleh Jojo Music Store berupa kebijakan toko yang memperbolehkan konsumen mencoba alat musik merek mahal, lalu persepsi lainnya dari atmosfer toko yang membuat konsumen nyaman berbelanja di dalam toko, mulai dari tata letak, suasana, pelayanan dan banyak pilihan merek alat musik.