PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN SEPATU ADIDAS DI TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.594Keywords:
Perilaku Konsumen, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana perilaku pembelian konsumen terhadap sepatu Adidas di Adidas Store Tunjungan Plaza Surabaya. Perusahaan sepatu Adidas yang tergolong lama dalam industri sepatu dan pada saat ini tertinggal oleh pesaingnya yaitu Nike. Jumlah narasumber yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang narasumber dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa sikap dan perilaku konsumen dalam membeli sepatu Adidas di Tunjungan Plaza Surabaya terbentuk oleh faktor sosial, dan juga konsep diri (self-concept). Terbentuknya faktor sosial terhadap perilaku mereka didasari oleh saran dan juga informasi yang diberikan oleh teman dan keluarga mereka sehingga pada akhirnya meningkatkan kepercayaan mereka dalam membeli sepatu Adidas. Selain dari faktor sosial, adapun juga konsep diri yang membentuk perilaku mereka. Terbentuknya konsep diri terhadap perilaku mereka didasari oleh adanya motivasi dan emosi yang timbul dikarenakan adanya keinginan mereka untuk menyamakan gaya hidup, merasa tidak ingin ketinggalan dengan lingkup sosial mereka, dan merasa malu/gengsi apabila tidak bisa mengikuti tren yang ada.