STUDI perilaku KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERINVESTASI PADA PLATFORM BINOMO
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.590Keywords:
perilaku Konsumen, Keputusan Investasi, Investasi IlegalAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui alasan para konsumen dalam keputusan berinvestasi di platform Binomo dan tidak memilih produk keuangan lainnya. Sedangkan seiring berkembangnya zaman, di era globalisasi ini banyak sekali produk keuangan yang legal dan sah di mata hukum. Rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah bagaimana perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan berinvestasi di Binomo dan faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dan pendorong dalam pengambilan keputusan konsumen dalam berinvestasi di Binomo. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil 10 orang sebagai informan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 2 faktor yang membentuk konsumen dalam memutuskan untuk berinvestasi di Binomo yaitu faktor sosial dan faktor psikologis. Kemudian terdapat faktor pelayanan, faktor harga, faktor iklan dan faktor kurangnya literasi keuangan yang menjadi faktor pendorong dalam keputusan berinvestasi di Binomo. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor ketidakpercayaan dan faktor resiko.