ANALISA MINAT BELI YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BARANG BEKAS OLX
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.574Keywords:
konsumen, pembelian, barang bekas, OLX, minat, pertimbanganAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui minat yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian barang bekas di OLX. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian barang bekas di OLX? Metodologi yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan mengambil 13 orang sebagai informan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kali ini menggunakan analisis naratif. Dari hasil penelitian ini ditemukan 4 faktor yang menjadi alasan mengapa konsumen tertarik untuk melakukan pembelian barang bekas di OLX, yaitu pertama adalah faktor keberagaman pilihan produk, kedua adalah faktor harga dan negosiasi harga, ketiga adalah faktor kemudahan dan kenyamanan, dan yang terakhir adalah faktor transparasi dan kemudahan pengguna.