ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ? DAN ? DALAM KALIMAT PADA SISWA KELAS V LITTLE SUN SCHOOL SURABAYA

Authors

  • Leonita Elisa Universitas Widya Kartika
  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika

Keywords:

Analisis Kesalahan Berbahasa, Bahasa Mandarin, 再, 又

Abstract

Analisis Kesalahan Penggunaan ?dan ?Dalam Kalimat Pada Siswa Kelas V Little Sun School Surabaya, Leonita Elisa, Sutorejo Prima Utara II/1, Surabaya 60113,  Di era yang semakin berkembang, bisa berbahasa asing merupakan salah satu kemampuan atau skill yang penting, salah satunya yaitu bahasa Mandarin. Oleh karena itu, banyak sekali sekolah yang menerapkan dan mengutamakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin, seperti SD Little Sun Surabaya. Siswa – siswi di SD Little Sun setiap harinya dilatih agar skill berbahasa asing seperti bahasa Mandarin dapat terus meningkat dan berkembang. Namun, di dalam bahasa Mandarin sendiri terdapat kosakata yang memiliki arti yang sama, namun juga memiliki perbedaannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, telah dilakukan penelitian analisis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan penggunaan? dan? pada siswa kelas V SD Little Sun dengan metode penelitian kuantitatif dimana para siswa – siswi mengisi kuesioner dengan beberapa jenis soal. Hasilnya, dari faktor penyebab kesalahan, kesalahan karena adanya pengaruh bahasa ibu pada soal ? yaitu sebesar 0.55% (???) dan 4.44% (??). Selanjutnya kesalahan terbanyak yaitu karena pengaruh pengetahuan bahasa target, dengan masing – masing persentase sebagai berikut 15.55% dan 15.55% (??)?46.67% dan 37.77% (???), 15.56% dan 4.44% (??) , serta 31.66% dan 26.66% (????). Terakhir, pada kesalahan dari menghindar pada soal  ?diperoleh persentase sebesar 2.22%  (??).

Published

2022-12-12