Inovasi Cashless Payment Berbasis Website Sebagai Platform Digital Yang Menjembatani Beragam Potensi Wisata Desa Berjo di Era New Normal

Penulis

  • Khusna Wakhidakh Universitas Sebelas Maret
  • Intan Nadira Ayu Chairunnissa Universitas Sebelas Maret
  • Harjuno Setyawan Universitas Sebelas Maret
  • Elvin Kukuh Nurdiyansah Universitas Sebelas Maret
  • Meilinda Dwi Permatasari Universitas Sebelas Maret
  • Rysca Indreswari Universitas Sebelas Maret

Kata Kunci:

Website, Cashless Payment, Digitalisasi pariwisata, Inovasi

Abstrak

Kemajuan sektor pariwisata sebagai hal yang penting untuk setiap negara, hal ini sangat mempengaruhi
peningkatan data produk domestik bruto (PDB). Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar merupakan satu dari
banyaknya desa wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Keunggulan Berjo berupa keunikan
budaya, reputasi sejarah, dan karunia pemandangan alam yang menarik wisatawan. Situs Candi Sukuh, Air
Terjun Jumog dan Danau Madirda merupakan 'SegitigaBerjo' dengan perkiraan 84.699 pengunjung per
tahun sebelum pandemi, yang menjadi ujung tombak destinasi wisata unggulan. Sayangnya, sejak 2020
sektor pariwisata Berjo terkena dampakCovid-e19. Terjadi penurunan drastis jumlah pengunjung menjadi
20-50%, sehingga mempengaruhi pendapatan pengelola pariwisata. Masalah lain yang dihadapi mitra adalah
sistem pembayaran yang terbatas dan sangat rentan terhadap kebocoran data dan keuangan karena masalah
human error, kebocoran kunjungan karena pemalsuan tiket dan keterbatasan dalam memantau jumlah
pengunjung. Untuk itu diperlukan langkah transformasi berupa inovasi guna mengembalikan eksistensi
pariwisata yang mampu menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan. Bekrembangnya teknologi yang
pesat karena seiring perkembangan zaman, salah satunya dalam hal metode pembayaran juga mengalami
berbagai inovasi, salah satunya yang saat ini sedang digunakan adalah metode pembayaran non tunai. Tim
pengusul membuat inovasi pembayaran cashless berbasis website yaitu “EZBERJO” sebagai solusi atas
segala permasalahan yang dihadapi mitra. Program ini bertujuan untuk mewujudkan digitalisasi pariwisata
Desa Berjo sebagai langkah dalam mempromosikan pariwisata melalui pendekatan digital yang berdampak
pada pengembangan potensi wisata di desa wisata, meminimalkan kontak fisik sebagai upaya mendukung
pemulihan dan kesadaran yang optimal tentang kesehatan masyarakat, membantu manajer memeriksa secara
real time. Total jumlah pengunjung pariwisata Berjo, dan sebagai sistem transparansi keuangan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12