PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • admin perpustakaan Universitas Widya Kartika

Keywords:

Faktor Psikologi, Keputusan pembelian, Shopee

Abstract

Pandemi` Covid 19 telah memaksa masyrakat untuk mengurangi mobilitas dan ini berdampak pada peningkatan`penggunaan`perangkat dan platform digital sebagai jalan keluar dalam aktivitas ekonomi. Peningkatan adopsi ini tidak saja dalam hal percakapan via media social tapi juga peningkatan transaksi e-commerce jual beli online

Peningkatan ini nampak dari jumlah konsumen belanja online juga terus meningkat secara signifikan hingga mencapai 12 juta pengguna e-commerce baru di Indonesia Apakah faktor psikologis mempengaruhi keputusan pembelian`Shopee di masa pandemi. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui factor psikologi apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap patform Shopee. Jenis`penelitian`ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang` pernah melakukan` pembelian produk di shopee `minimal `satu kali `dalam`periode Januari – Desember 2021. Metode` penelitian `yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan dalam `penelitian` ini` sebanyak` 111` reponden. Teknik` pengumpulan` data yang` digunakan `dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik snowball sampling.  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis factor yaitu PCA (Principal Component Analysis), analisis regresi linear berganda, dan uji F dengan software SPSS. Hasil dari penelitian ini didapat ada 4 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui Shopee yaitu : 1. Faktor Pembelajaran, 2. Faktor Persepsi, 3. Faktor Motivasi, dan 4. Faktor Keyakinan. Dapat disimpulkan Ketika berbelanja secara online, konsumen sangat dipengaruhi oleh Faktor keyakinan. Semakin yakin konsumen dengan layanan Shopee maka konsumen semakin terdorong untuk melalukan keputusan pembelian

Published

2022-12-12