Analisis Keterampilan Membaca Bagi Siswa SMA Dan SMK Di Kabupaten Bangkalan
Keywords:
Keterampilan Membaca, Kuantitaf Deskriptif, BangkalanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan membaca dan mengidentifikasi tingkat kesulitan keterampilan membaca siswa baik tingkatan SMA maupun siswa SMK di Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini 26 siswa jurusan IPA di SMAN 4 Bangkalan dan 28 siswa jurusan TKJ di SMKN 3 Bangkalan. Instrumen keterampilan membaca menggunakan tes pilihan ganda. Indikator keterampilan membaca yang diukur pemahaman literal, reorganisasi, pemahaman inferensial, evaluasi, dan apresiasi. Hasil keterampilan membaca dianalisis menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Analisis kesukaran soal pada indikator kemampuan membaca diuji menggunakan dengan SPSS Versi 18. Simpulan hasil penelitian ini baik SMA mapun SMK di Bangkalan termasuk dalam kategori rendah. Indikator pemahaman literal dan apresiasi termasuk dalam kategori mudah, dan indikator evaluasi termasuk dalam kategori sedang menunjukkan bahwa baik siswa SMA dan SMK telah menguasai indikator tersebut. Bagi siswa SMA indikator yang belum dikuasai yaitu reorganisasi sedangkan pada siswa SMK pada indiktor pemahaman inferensial. Penelitian ke depan perlunya meningkatkan motivasi dan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat.