PENGEMBANGAN ROAD MAP PENELITIAN UNTUK MENDUKUNG PERCEPATAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Widayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dadang Supriyatno Universitas Negeri Surabaya
  • R. Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pengembangan, road map, penelitian, transportasi

Abstract

Perkembangan transportasi semakin menumbuhkembangkan ide kreatif untuk mendukung proses perpindahan orang dan barang. Perhatian pemerintah diwujudkan dengan dana 7,5% dari total dana penelitian. Cakupan penelitian transportasi pada RIRN membutuhkan pemikiran yang mendalam terkait penelitian yang sudah dilakukan oleh dosen, mahasiswa maupun peneliti lain. Road map merupakan peta jalan penelitian, yang mencakup topik penelitian yang sudah dilakukan, celah dan topik penelitian ke depan dalam periode waktu tertentu. Hal ini sangat penting agar penelitian selaras dengan RIRN, kepentingan nasional dan regional, kompetensi dosen. Hal ini juga sebagai upaya pemenuhan data indikator kinerja perguruan tinggi, akreditasi program studi dan membantu mahasiswa untuk memperoleh ide penelitian lebih cepat. Pengembangan road map penelitian belum pernah dilakukan diprogram studi transportasi, sehingga perlu dilakukan identifikasi awal dan pengembangan kedepan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi topik penelitian yang sudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, dibandingkan dengan RIRN. Dalam hal ini diperoleh kesenjangan atau celah, sehingga dapat disusun strategi untuk mengembangkan penelitian dosen yang dapat menjadi payung penelitian bagi mahasiswa. Tahapan penelitian mencakup reviu dokumen RIRN dan jurnal terkait transportasi, publikasi dosen dan mahasiswa, analisis perbandingan dan gap, menyusun celah penelitian, mengembangkan topik penelitian yang akan datang, merumuskan strategi penelitian selanjutnya. Hasil yang dicapai yaitu terdapat 20 kompetensi dosen terkait bidang transportasi, sehingga diperoleh keterkaitan bidang kompetensi dosen dengan RIRN. Persentase penelitian mahasiswa yang sesuai dengan RIRN sebesar 40%, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan persebaran topik penelitian sesuai dengan kompetensi dosen dan RIRN.

Downloads

Published

2021-11-27