ANALISA PENGUJIAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE WHITE BOX

Penulis

  • Dwi Suprapti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama
  • Made Kamisutara Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama
  • Putu Artaya Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Narotama

Kata Kunci:

Sistem Informasi Penjualan, Pengujian, White Box

Abstrak

Sistem informasi disebuah perusahaan merupakan hal penting untuk memajukan suatu perusahaan. Seiring kemajuan teknologi sistem informasi yang berkembang saat ini perusahaan dapat menggunakan sistem tersebut. Untuk mendapatkan sebuah sistem yang baik maka diperlukan sebuah pengujian. Pengujian dilakukan untuk menguji alur sistem dengan menggunakan metode pengujian white box. Pengujian dilakukan dengan beberapa tahapan, dimulai dari flowchart, flowgraph, kompleksitas siklomatis, jalur independen, dan test case. Penelitian pengujian sistem informasi penjualan menghasilkan sebuah rekomendasi dalam skala 5 (lima) untuk perusahaan. Kriteria pertama tampilan mendapatkan rata-rata 4.5, kriteria kedua user (pengguna) mendapatkan rat-rata 4.33, kriteria ketiga kemudahan penggunaan mendapatkan rata-rata 4.42, dan kriteria ke empat isi (content) mendapatkan rata-rata 4.47. Maka dapat disimpulkan bahwa secara alur sistem dan fungsional, sistem penjualan sudah baik. Sehingga sistem penjualan dapat digunakan perusahaan dalam melakukan transaksi penjualan.

Diterbitkan

2017-08-24