ANALISIS PERUBAHAN KEBIASAAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS DI SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Lydia Abigail Vellynchia Mandala Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

perubahan kebiasaan belajar mahasiswa, pembelajaran daring di masa pandemi, Delay Avoidan dan Work Method, seminar SNITER

Abstrak

Penguasaan terhadap bahasa asing salah satunya Bahasa Mandarin merupakan kebutuhan utama dalam era globalisasi. Tidak sedikit institusi pendidikan formal di kota Surabaya telah memberikan pelajaran Bahasa Mandarin. 11 Maret 2020, WHO mengumumkan Coronavirus sebagai wabah pandemi global, sehingga mendikbud memberikan putusan dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, bahwa proses kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah melalui pembelajaran daring. Pendidik dan peserta didik yang belum terbiasa dengan proses pemelajaran daring dan adanya kesenjangan antara pembelajaran tatap muka dan daring menimbulkan perubahan dalam kegiatan belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perubahan kebiasaan belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring dan apa saja kelebihan serta kekurangan pembelajaran daring di masa pandemi pada kebiasaan belajar mahasiswa dengan menggunakan metode triangulasi teknik, yaitu kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan Delay Avoidan dan Work Method, dan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan kebiasaan belajar mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Perubahan kebiasaan belajar terjadi karena adanya beberapa faktor dari dalam diri mahasiswa maupun dari luar. Pembelajaran daring juga memberikan beberapa kelebihan serta kekurangan pada kebiasaan belajar mahasiswa.

Diterbitkan

2021-11-27