DESAIN RUANG MUSIK CERDAS UNTUK FASILITAS PENDIDIKAN MUSIK INKLUSIF DISABILITAS NETRA
Keywords:
Desain Inklusi, Disabilitas Netra, Pendidikan Inkusif, Ruang MusikAbstract
Anak dengan disabilitas netra mengalami keterbatasan indera penglihatannya tetapi sebaliknya memiliki kelebihan pada aspek lainnya di antaranya ialah kemampuan bermusik. Kemampuan music terbangun karena karena kuatnya daya ingat, intuisi, dan kepekaannya. Berbagai artis seperti Stevie Wonder, Ray Charles, Andrea Bocelli, dan Yoo Ye Eun merupakan pemusik yang terkenal dengan disabilitas netra. Sebuah ruangan music yang dirancang konsep desain inklusi akan memiliki dampak yang luar biasa bagi pengembangan kemampuan musik para disabilitas netra. Ruangan musik berbentuk persegi dengan tatanan tempat duduk berbentuk setengah lingkaran telah didesain untuk membantu para anak – anak dengan disabilitas netra dan anak – anak umum lainnya. Ruangan ini didesain secara inklusif dengan mengambil kurikulum dari Yamaha Music School dan Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB). Teknologi juga ditambahkan pada desain ruang musik yang inklusif dengan penerapan Wiimote dan laptop di tengah ruangan untuk mendukung latihan anak-anak.Sementara itu warna interior juga didesain dengan warna dasar merah karena warna tersebut paling cepat ditangkap mata dan dikenali oleh anak-anak. Selain itu warna merah mampu memberikan energi, membangkitkan selera, kegairahan, emosi, semangat yang membara. Desain ruang ini juga didesain dengan prinsip kesetaraan dengan tidak ada perbedaan elevasi pada ruangan dan lebar koridor yang cukup lebar. Selain itu juga disediakan signage dengan huruf braile dan huruf biasa, hand rail dan guiding path sederhana dan intuitif untuk membantuk orientasi anak. Desain ruangan ini juga menggunakan material gypsum dan accourette board, material lantai yang tidak licin seperti kayu dan karpet yang mengurangi gangguan akustik dan meningkatkan keamanan.