Analisis Latihan Soal Pada Buku ??????????????? Dengan Kurikulum 2013 dan Teori Revisi Taksonomi Bloom
Keywords:
Revisi Taksonomi Bloom, Kurikulum 2013Abstract
Dalam belajar bahasa media yang paling umum digunakan di sekolah adalah buku paket. Di dalam buku paket umumnya terdapat latihan soal, dimana latihan soal tersebut ditujukan agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah diplajari. Tujuan kurikulum 2013 untuk siswa SMA adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Hal tersebut dapat dicapai apabila siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang mereka miliki. Penulis menyusun Skripsp/Tugas Akhir ini untuk mengetahui apakah buku ??????????????? sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam penulisan Skripsi/Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif non eksperimen. Dimana penulis mengkategorikan seluruh latihan soal pada buku ????????????? ?? dengan aspek kogitif pada teori Revisi Taksonomi Bloom sebagai acuan. Hasil yang didapatkan adalah seluruh soal latihan yang terdapat pada buku tersebut tdak mencangkup seluruh level dari aspek kognitif teori Revisi Taksonomi Bloom, dan jumlah soal dari setiap level tidak seimbang. Kemudian hasil yang didapatkan dapat dicocokkan dengan kompetensi inti pelajaran Bahasa Mandarin. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa buku ??????????????? tidak dapat memenuhi target yang ingin dicapai oleh kompetensi inti Kurikulum 2013.