FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KABEL JEMBO DI SURABAYA

  • Eddo Kangtoro Universitas Widya Kartika, Surabaya
Keywords: Empati, Kredibilitas, Distribusi, Kehandalan Layanan, Reputasi Merek, Kualitas Produk, Program Promosi, Daya Saing Harga, Sosial Media, Kinerja Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk kabel Jembo di Surabaya. Tipe penelitian adalah penelitian kuantitatif. Variabel penelitian adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian. Jumlah sampel pls ebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skala pengukuran variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan abnl faktor.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari keseluruhan faktor (42 faktor) yang mempengaruhi keputusan pembelian kabel Jembo tereduksi menjadi sepuluh faktor baru. Hasil penamaan kesepuluh faktor baru tersebut adalah: emphaty layanan, kredibilitas layanan, kelancaran distribusi, kehandalan layanan, reputasi merek, kualitas produk, program promosi, daya saing harga, sosial media, dan kinerja produk. Keseluruhan faktor tersebut dengan nilai akumulatif pengaruh sebesar 84,82% artinya bahwa kesepuluh faktor yang terbentuk memiliki kemampuan untuk dipertimbangkan konsumen dalam membeli kabel Jembo sebesar 84,82%.

Published
2020-08-29