STUDI PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS LAYANAN ONLINE PENGGUNA OVO DAN GO-PAY DI SURABAYA TIMUR
Kata Kunci:
Persepsi, Masyarakat, Teknologi Finansial, Penggunaan FintechAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggunaan financial technology (Fintech). Informan dalam penelitian ini adalah informan pelaku, yaitu masyarakat Kota Surabaya Timur yang menggunakan ataupun tidak menggunakan fintech. Teknik pengumpulan data menggunakan metode indepthinterview kepada 10 informan dilatar belakangi usia dan profesi yang berbeda. Teknik analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap penggunaan financial technology (fintech) meliputi sikap,minat, pemahaman, dan harapan. Dimana sikap masyarakat terhadap penggunaan fintech, memberikan dukungan kepada kemajuan inovasi teknologi keuangan di Indonesia yang sangat membantu masyarakat, sedangkan minat masyarakat untuk menggunakan fintech sudah terbukti dari hasil wawancara dari 10 responden sudah berminat menggunakannya. Masyarakat sudah begitu memahami manfaat dan penggunaan fintech karena penggunaan fintech lebih efisien dan efektif dibandingkan jasa keuangan lainnya sehingga masyarakat termotivasi untuk menggunakan fintech. Dan harapan masyarakat kepada penyelenggara fintech agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan kemudahaan atau kepraktisan dalam menggunakan layanan, sehingga masyarakat yang kurang memahami teknologi dapat menggunakannya dengan mudah.