PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (PERIODE 2016-2018)
Kata Kunci:
Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Pengungkapam CSR, Seminar SNITERAbstrak
Pertumbuhan ekonomi yang pesat menuntut pula berkembangnya teknologi informasi. Masyarakat menjadi semakin kritis dengan segala informasi yang menyangkut dengan semua kegiatan perusahaan. Salah satu kegiatan perusahaan yang menjadi sorotan adalah tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responbility (CSR). Bagi para investor dan juga para calon investor, informasi mengenai tanggung jawab sosial sebuah perusahaan merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 135 perusahaan yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditetapkan. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan likuiditas, profitabilitas, dan ukuran dewann komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.