ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS “X” UNTUK MENJADI GURU BAHASA MANDARIN DI INSTITUSI PENDIDIKAN FORMAL

  • Wina Moelyani Santoso Universitas Widya Kartika, Surabaya
Keywords: Analisis Faktor, Minat, Guru Bahasa Mandarin, Institusi Pendidikan Formal

Abstract

Kebutuhan akan tenaga pengajar bahasa Mandarin di Surabaya semakin meningkat, namun hanya dua universitas di kota ini yang memiliki program studi pendidikan bahasa Mandarin dan tidak semua lulusannya berminat untuk menjadi guru bahasa Mandarin di institusi pendidikan formal. Hal ini berpengaruh terhadap peningkatan kuantitas guru bahasa Mandarin, yang dalam jangka panjang akan berdampak pada kelanjutan pendidikan bahasa Mandarin di Surabaya. Minat terhadap profesi guru adalah salah satu faktor penting yang membuat seseorang memilih, menyukai, dan berharap untuk bekerja sebagai guru yang profesional. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar minat mahasiswa program studi pendidikan bahasa Mandarin Universitas “X” untuk menjadi guru bahasa Mandarin pada umumnya, dan menjadi guru bahasa Mandarin di institusi pendidikan formal pada khususnya, serta meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa program studi pendidikan bahasa Mandarin Universitas “X” untuk menjadi guru bahasa Mandarin sebesar 66% dan dari jumlah tersebut yang berminat menjadi guru bahasa Mandarin di institusi pendidikan formal sebesar 38%. Faktor-faktor yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat untuk menjadi guru bahasa Mandarin yang bekerja di institusi pendidikan formal adalah faktor latar belakang keluarga dan faktor teman atau lingkungan bergaul.

Published
2020-08-29