ANALISA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. ANUGERAH PRIMA ENERGI

Penulis

  • Muhammad Ridho Zinedine Daulay Universitas Widya Kartika, Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Pelanggan PT. Anugerah
Prima Energi. Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas
pelanggan di PT. Anugerah Prima Energi. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi
penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk bahan bakar solar di PT. Anugerah Prima
Energi, penelitian deskriptif ini mendapatkan hasil analisa data dengan metode analisa SWOT, strategi
pemasaran yang dapat diterapkan untuk perusahaan PT. Anugrah Prima Energi dalam meningkatkan
loyalitas pelanggannya, yaitu: (a) Membenahi sumber daya manusia (SDM) internal yang baik, (b) Menjaga
kepercayaan konsumen, (c) Mempertahankan kualitas produk, (d) Melakukan strategi penetrasi pasar, (e)
Melakukan strategi meningkatkan kualitas pelayanan dan memberi harga yang kompetitif. Target jangka
panjang yang dapat dilakukan PT. Anugrah Prima Energi adalah memperluas target pasar di setiap wilayah,
dimulai dengan cara pembukaan cabang untuk pembantu penjualan bahan bakar solar yang akan
ditempatkan disetiap wilayah Indonesia sehingga dapat dijangkau oleh seluruh pelosok yang ada di wilayah.

Diterbitkan

2020-08-29