KEEFEKTIFAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN GORESAN DASAR (??) DALAM PELAJARAN MENULIS TULISAN BAHASA MANDARIN (??) BAGI PEMULA DI RUMAH BAHASA SURABAYA

Penulis

  • Hadi Hermanto Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Keefektifan, Bahasa Mandarin, Goresan Dasar, Menulis, Metode Pembelajaran

Abstrak

Bahasa Mandarin merupakan kelas yang diikuti responden di Rumah Bahasa Surabaya. Penelitan ini penulis susun untuk mengetahui keefektifan dan tanggapan responden mengenai penggunaan media mobile learning dalam metode pembelajaran goresan dasar untuk menulis bahasa mandarin. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dan untuk mengukur efektivitas media mobile learning, dengan melakukan test tertulis. Penulis juga menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui tanggapan responden mengenai penggunaan media mobile learning dalam membagikan kuisioner. Media mobile learning dalam metode pembelajaran sangat efektif untuk diterapkan pada pembelajaran menulis bahasa mandarin dengan kesalahan standar deviasi rata rata yang rendah. Sebagian besar responden juga memberikan respons positif terhadap penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran menulis. Dapat disimpulkan bahwa media mobile learning dapat menjadi alternatif media yang dipakai untuk melengkapi metode dalam pembelajaran goresan dasar untuk menulis tulisan bahasa mandarin.

Diterbitkan

2018-10-11