ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DALAM PENGAJARAN PERCAKAPAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 4 SD Kr. ANAK PANAH SURABAYA

Penulis

  • Mey Lanny Loa Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa, Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Bahasa Mandarin, Metode Sosiodrama, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Masalah yang timbul pada siswa-siswi salah satunya adalah kesulitan siswa untuk berbicara dalam bahasa Mandarin. Namun dengan metode pengajaran yang tepat kesulitan tersebut dapat diminimalisasikan. Sehingga pemilihan metode pengajaran harus benar-benar tepat. Salah satu metode pengajaran yang tepat untuk melatih keterampilan berbicara adalah metode sosiodrama. Skripsi/Tugas Akhir ini disusun untuk mengetahui hasil analisis penggunaan metode pengajaran sosiodrama dalam proses belajar mengajar bahasa Mandarin di SD Kr. Anak Panah Surabaya. Metode pembelajaran tersebut dinilai dapat melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siswa yang meningkat pada penilaian kedua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama cocok untuk melatih keterampilan berbicara siswa.

Diterbitkan

2018-10-11