Keefektivitasan Penggunaan Media Visual Animasi Gerak dalam Pembelajaran Menulis Karakter Mandarin untuk Siswa Kelas I SD Gracia Surabaya

Penulis

  • Fatmala Purbasari Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa, Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Efektivitas, Media Visual Animasi Gerak, Bahasa Mandarin, Karakter Mandarin

Abstrak

SD Gracia adalah salah satu sekolah yang memiliki pelajaran Bahasa Mandarin. Penelitian disusun untuk mengetahui efektivitas penggunaan media visual animasi gerak dalam pembelajaran menulis karakter Mandarin untuk siswa kelas I SD Gracia Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur efektivitas media visual animasi gerak, dengan melakukan evaluasi tertulis dan wawancara. Media visual animasi gerak sangat efektif diterapkan pada pembelajaran menulis karakter Bahasa Mandarin dengan persentase ketuntasan 100%. Dapat disimpulkan bahwa media visual animasi gerak dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran menulis karakter Bahasa Mandarin serta dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, agar dapat menarik fokus dan minat siswa dalam belajar.

Diterbitkan

2018-10-11